Senin, 12 Agustus 2013

Ganti Nama - Abbiya Matswassalamah Pradhika

Dua hari setelah peristiwa kecelakaan itu, meski masih sedikit sakit, untuk duduk pun harus pelan-pelan agar pantatku tidak sakit. Aku ngotot minta antar Ayah untuk sowan ke pondok.
"Kamu sudah sembuh bener tah, nduk?" tanya Bundaku.
"Nggak apa-apa bunda, bentar lagi udah mau balik ke Jakarta, nggak ada waktu lagi buat ke pondok nanti" jawabku.

Pas banget om ku datang menitipkan mobil, sekalian saja aku pinjam mobilnya. Malam itu aku, suamiku, ayah, bunda, dan tak ketinggalan Riski dan Biya, pergi untuk sowan ke pondok.

Sesampainya disana, kami ceritakan perihal kecelakaan yang kemarin menimpaku dan biya. Menurut ibu nyai, kalau perjalanan niatnya benar-benar baik dan tulus mengabdi dan menghormati Guru, insyaAllah masih diselamatkan, andaikata (andaikata saja, jangan sampai terjadi) kemarin aku menemui ajalku, insyaAllah termasuk mati syahid. "Subhanallaaaah..." batinku dalam hati mendengar tutur kata ibu nyai.

Romo kyai bilang anak bayi itu masih suci, masih dilindungi malaikat, andai saja saat itu aku tidak bersama biya, tidak tahu lagi bagaimana jadinya. Jadi biya lah yang melindungiku. "Subhanallah..." sekali lagi kuucap kalimat tasbih itu, anakku lah yang menjadi malaikat pelindungku.

Sebelum kami berpamitan pulang, aku pun meminta nama yang bagus untuk ditambahkan pada nama abbiya anakku. Setelah masuk kedalam untuk mencarikan nama, sholat sunnah meminta petunjuk yang bagus, kemudian romo kyai pun keluar ke ruang tamu dan menyebutkan nama tambahan untuk biya,
"Matswassalamah.." ucap Beliau (Romo Kyai).
dituliskan di selembar kertas putih kecil, tulisan arab.
kubaca sekali lagi "Matswassalamah" bacaku pelan.

Menurut Romo Kyai, arti Matswassalamah adalah tempat keselamatan, tulisannya digabung karena itu satu kata. Abbiya adalah tempat orang-orang mendapat keselamatan, orang yang pernah diselamatkan adalah aku, ibunya. Mungkin nanti kalau sudah besar biya bisa jadi dokter yang menyelamatkan banyak orang, atau menjadi ustadzah yang menyelamatkan dunia dan akhirat banyak orang, Amiiiin...

Karena nama biya sebelumnya sudah panjang, maka aku dan suamiku memutuskan untuk menghapus nama lamanya dan mengganti dengan yang baru. Nama putri kecilku ini sekarang menjad,

ABBIYA MATSWASSALAMAH PRADHIKA

yang artinya :

Abbiya : wanita yang hebat
Matswassalamah : tempat keselamatan
Pradhika : Nama pipinya

'Wanita hebat yang menjadi tempat orang-orang mencari keselamatan anaknya pipi Dhika'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar