Selasa, 15 Januari 2013

Usia Kandunganku : hitungan HPHT vs hasil USG

Hari senin pun tiba, meski masih agak malas kupaksakan juga untuk bangun. Karena hari ini memang hari yang aku dan suamiku tunggu-tunggu, ya.. hari ini adalah jadwal kami untuk USG.

"Sebentar lagi kita ketemu ya dek" kata suamiku sambil mengelus-elus perutku.
Aku juga membatin begitu dalam hati. "Semoga kamu baik-baik saja ya nak" batinku.

Setelah sampai di promedika, tempat yang dirujuk oleh dr. Syamsul, antrian untuk USG ternyata sudah sangat banyak. Tapi ternyata yang mengantri USG bukan hanya khusus ibu hamil saja, bahkan ibu hamilnya cuma sedikit yang mengantri. Aku mendapatkan nomor antrian ke 11, sekitar 1-1,5 jam menunggu akhirnya dipanggil juga namaku.

Sudah tidak sabar rasanya, kemudian aku dan suamiku pun masuk ke ruangan untuk USG. Setelah aku disuruh berbaring, perutku diolesi jelly seperti biasanya. Sambil mengecek segala persiapan untuk hitung-hitung yang aku juga nggak begitu ngerti, si dokter wanita itu pun mulai menempelkan pemindai itu ke perutku.

Subhanallaaah... bayiku terlihat cukup jelas, bergerak tiada henti.
"Nah, itu dedeknya gerak-gerak, terlalu aktif sih" Bu dokter menyeletuk
"Wah, iya, kalau terlalu aktif bahaya nggak dok?" tanyaku
"Ya nggak dong, malah bagus, harusnya sih masih beberapa gerakan, nah itu udah gerak terus, itu bagus" jelas bu dokter.

Aku pun lega. kemudian digeser-geser lagi pemindainya,
"Itu tangannya, jari-jarinya lengkap ya bu.. Itu kakinya, Itu kepalanya kalau dari atas, posisinya disini nih.. bayinya sehat, naaah, kalo yang itu placenta, air ketubannya juga jernih" jelas bu dokter sambil menunjuk-nunjuk ke layar.

Sekitar 15 menit lebih USG akhirnya selesai, padahal aku masih ingin lebih lama melihat bayiku.

Tapi aku lumayan puas dengan pelayanannya, meski biayanya masih tergolong mahal tapi sesuai dengan hasil yang kuperoleh.

Nah, menurut perhitungan HPHT ku, usia kandunganku adalah sekitar 16-17 weeks. dan hasil perhitungan USG menunjukkan bahwa usia kandunganku adalah 16w6d, jadi yaaaah... tidak jauh beda lah perhitungan HPHT dan perhitungan USG, memang sudah sesuai.

Ini hasil print out yang kudapat dari USG di promedika, ketawang kepanjen:


Kiri ke Kanan : Placenta (dari samping) dan Kepala (dari atas)
detak jantung debay

debayku uk 16w6d (31 desember 2012), nampak samping.

Hasil resume USG
 Hasil USG menyatakan:

Bayiku sehat dengan usia kehamilan 16w6d, berat 163gr, HPL 11 Juni 2013.

Nggak sabar pengen buru-buru jadwal USG lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar