Senin, 09 September 2013

Cloth Diapers (Clodi) vs Disposable Diapers

Bingung antara berpindah ke Cloth Diapers atau tetap Disposable Diapers


Sebagai new mommy, bener-bener seru dan menyenangkan mencari berbagai referensi untuk buah hati. Kali ini yang lagi marak-maraknya issue tentang clodi (Cloth Diapers) alias pampers kain, membuatku semakin penasaran tentang apa, bagaimana, dan berbagai macam pertanyaan-pertanyaan lain.

Awalnya, aku beli 3pc aja, itu aja udah lumayan serot kocek di dompet (hihihiiii...), setelah pake, eh jadi keenakan trus jadi beli dan beli lagi deh...

Sebagai permulaan, dari segi biaya, jangan dulu liat harga, nih menurut perhitungan pribadiku :
biya sehari bisa ganti disposable diapers (diapers sekali pakai) 4-5 pcs dengan anggapan pup sekali, pipis berkali kali, kalo disposable diapersnya gak ganti-ganti bisa bikin ruam di pantat ma selakangannya, karena Biya pake disposable diapers yang murah, anggap harga per disposable diapers 1300 rupiah. Sedangkan harga clodi berkisar antara 70-80rb, ada yang agak mahal 90-110rb, bisa dipakai sampai umur 2 tahun, anggap kalau bayi nya ndut jadi clodi cuma terpakai sampai 1,5 tahun.

disposable diapers : Rp 1300 x 5 pcs x 540 hari = Rp 3.510.000

perhitungan diatas kalo sehari cuma habis 4-5 diapers dan harga per disposable diapers 1300 rupiah, semakin gede usia dede, semakin banyak pula konsumsi disposable diapersnya, karena mantat nya juga makin gede, jadi ukuran disposable diapersnya juga bertambah, dan otomatis harga disposable diapers juga semakin besar.

Clodi : Rp 70.000 x 10 pcs = Rp 700.000

Bisa dibandingkan kan mana yang jauh lebih murah? :D *bukan promosi lho..
Clodi juga masih bisa dipakai dede nya Biya nanti (gak usah beli lagi alias save money lebih banyak).

sampah disposable diapers  yang menggunung, bandingkan dengan clodi yang mempunyai manfaat panjang
Dasar emak-emak irit... hihihiiiy...

Jangan salah ya, bukan cuma alasan lebih irit lho (meski 'irit' memang jadi pertimbangan utama memilih clodi, heheheee).
Alasan yang kedua ini sebenernya jauh lebih bisa menjadi pertimbangan, permasalahan besar pemakaian disposable diapers kebanyakan adalah ruam, biasanya untuk menghindari ruam, diapers harus sering diganti yang pasti dana yang terpakai jadi membengkak (kembali lagi ke pertimbangan pertama, hihihiiiiyyy...). Nah, dengan clodi, ruam bisa terhindari karena kebanyakan clodi dilapisi lapisan inner/ fleece (bener gak ya nulisnya?) yang akan tetap kering/ stay dry sehingga pantat dd tetap kering dan terhindar dari ruam.

anak kecil aja tau, hihihiiiiiy...
Pertimbangan yang terakhir. Nih alasan yang paling bijaksana, pemakaian disposable diapers jelas tidak aku sarankan banget, kenapa? karena disposable diapers berbahan kertas, karena penggunaannya sekali pakai sudah jelas manfaatnya juga cuma sekali. Sedangkan kita harus mengurangi konsumsi kertas untuk menjaga konsumsi terhadap pohon (bahan utama kertas) tidak semakin tinggi. "Save the Tree" "Save the Earth", beberapa istilah yang sering kujumpai atas pemakaian kertas yang berlebihan. Jadi, dengan memakai clodi, ngerasa ikut menjaga bumi deh... In my humble opinion lho ya... :D


So, bye bye to disposable diapers, welcome cloth diapers, heheheeee



2 komentar:

  1. benar banget mbak...
    sekarang ini lagi nyari cara buat cloth diaper dan ukuran untuk bayi. klo ada share donk mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang malah lebih banyak pilihan, lebih murah, dan lebih mudah carinya.
      biasa coba search di tokop*dia atau bukal*pak banyak bunda
      semoga membantu ^_^

      Hapus